Meluncur Bersama Internet Rocket MyRepublic!

Sebelum melanjutkan cerita saya tentang Jepang, kali ini kita saya mau cerita tentang sesuatu yang ‘lebih dekat ke rumah’, ya: sambungan internet.

Yang suka jalan-jalan, pernah nggak sih merasa ‘kalang-kabut’ saat sedang memburu promo pesawat terbang, sudah berhasil dapat harga dan tanggal yang diinginkan, lalu tahu-tahu…sambungannya error? Dan tentu saja begitu prosesnya kita ulangi lagi, belum tentu kita masih memperoleh harga yang sama – biasanya sih jadi lebih mahal. Uh!

Hal mengesalkan lain yang kerap saya rasakan dalam kaitannya dengan sambungan yang luar-biasa lambat atau malah putus-sambung sekalian: mengunggah foto seabrek-abrek ke blog saya ini bisa gagal berkali-kali. Padahal definisi ‘seabrek-abrek’ saya itu tidak banyak-banyak amat. Lebih parah lagi sih bila kami berupaya mengunduh atau bertukar berkas dalam menggarap situs kami, Relawan Konser, yang berhubungan dengan konser. Kerap kali, pihak artis luar negeri yang kami wawancarai, mengirimkan berkas foto dan musik dalam bentuk .zip atau .rar yang besarnya tidak tanggung-tanggung. Ya iyalah, high quality semua. Kadang-kadang saat mengamati unduhan yang belum kelar-kelar juga, kami berseloroh “Yah, mereka sih enak bikin berkas besar-besar begini, sambungan internet di negaranya cepat, dikiranya semua negara juga begitu!”

myrepublic01

Hari Sabtu 8 Agustus 2015 saya menuju ICE (Indonesian Convention Exhibition) di kawasan BSD (yang berembel-embel predikat City). Sedang ada berbagai kegiatan dalam rangka pembukaan tempat ekspo yang terdiri atas 10 hall dan 1 convention, serta berpendingin udara yang sesuai dengan namanya yang dibaca seperti membaca ice itu. Keren sih, tempatnya. Senang juga Tangerang Selatan jadi punya ekspo seperti ini sekarang.

myrepublic02

Di Hall 2, penyedia jasa Internet Rocket yang dijanjikan sebagai ‘unlimited ultra-fast fiber broadband’, MyRepublic, sedang unjuk gigi menampilkan kebolehannya. Siapa pun yang mendatangi booth mereka dipersilakan menjajal kecepatan internet mereka yang disalurkan melalui LAN ke rumah-rumah pelanggan.

myrepublic06

MyRepublic sendiri sebenarnya merupakan pemain dari Singapura. Bahkan sejak beberapa tahun lalu, ketika pesaing-pesaingnya masih berkutat pada kecepatan yang terhitung rendah (apalagi untuk standar zaman sekarang), koneksi MyRepublic telah melaju sendiri di depan, dengan harga yang juga terhitung rendah. Di Indonesia, tetap ‘sakti’kah koneksi MyRepublic yang di sini mengibarkan bendera bersama Sinarmas?

myrepublic07

Pertama-tama tentunya saya mencoba membuka situs-situs yang paling banyak saya gunakan bekerja – Twitter, Facebook, blog WordPress. Wah, iya, lancar dan cepat semua terbukanya. Tapi saya mencobakan tantangan yang lebih besar lagi: streaming video berkualitas tinggi dari Youtube. Saya jadi kegirangan sendiri menyaksikan video band kesayangan saya (LIPHLICH!) berjalan mulus tanpa tersendat-sendat, tanpa buffering, saat saya tonton dengan koneksi MyRepublic.

myrepublic05

Apa kunci kecepatan koneksi tinggi MyRepublic? Jawabannya: manajemen prioritas trafik. Mereka telah mengkalkulasi persentase bandwidth yang harus diperuntukkan untuk masing-masing kegiatan yang dilakukan pelanggan dengan koneksi Internet mereka. Jadi tidak akan ada kegiatan yang ‘memakan’ peruntukan bandwidth untuk kegiatan lain sehingga menghambat kegiatan lain itu. Dengan demikian, kegiatan yang sedang kita lakukan – entah itu streaming, mengunduh, atau bermain gim, tidak akan terganggu, karena masing-masing punya jatah sendiri-sendiri. MyRepublic juga berjanji bahwa kecepatan tinggi ini tidak hanya akan ada di awal-awal saat baru sedikit orang yang berlangganan, melainkan juga nanti bila sudah semakin banyak orang yang menggunakan koneksi mereka – termasuk saat peak hour. MyRepublic juga berjanji tidak membatasi lalu-lintas ke BitTorrent, seperti yang banyak dilakukan ISP lain untuk mencegah bandwidth ‘termakan’ oleh kegiatan pelanggan ber-torrent-ria.

myrepublic08

Paket yang ditawarkan sih macam-macam, tergantung keperluan. Kalau untuk yang basic saja, dengan maksimal kecepatan unduh 10Mbps/unggah 5 Mbps, biaya langganannya Rp 199.000/bulan (dan ini bisa dipakai untuk Wi-Fi juga). Mau yang lebih oke lagi, ada Paket Nova (100 Mbps/50 Mbps), seharga Rp 299.000/bulan. Untuk gamer, yang lalu-lintasnya diarahkan langsung ke server-server game di luar negeri sehingga bermain gim bisa bebas lag dengan latency yang juga rendah, ada paket Rp 399.000/bulan (150 Mbps/75 Mbps). Mengelola bisnis atau industri, perlu sambungan internet yang lebih gila lagi kecepatannya? Internet Roket bisa membawa kita ke SuperNova seharga Rp 899.000/bulan (300 Mbps/150 Mbps).

myrepublic04

Yang membuat senang juga, MyRepublic tidak hanya menawarkan paket Internet saja, melainkan juga ada paket bundle dengan TV digital, menggunakan HD Entertainment Box. Dan tidak harus pakai smart TV lho! Jadi TV biasa pun, dengan HD Entertainment Box, bisa digunakan untuk menonton saluran TV kabel maupun ber-Internet. Ya saya senang lah, maklum televisi di kamar saya belum smart.

myrepublic03

Memang saat ini belum semua daerah di Indonesia terjangkau oleh MyRepublic. Namanya juga baru mulai meluaskan usaha. Namun pihak MyRepublic menjanjikan tahun ini mereka akan berinvestasi besar untuk membuka lebih banyak lagi wilayah yang terjangkau jaringan mereka. Kalau ingin tahu lebih banyak tentang jasa penyedia sambungan internet yang siap meroket ini, kunjungi saja alamat-alamat berikut, yah:

Situs / Facebook / Twitter

8 Comments (+add yours?)

  1. nyonyasepatu
    Aug 10, 2015 @ 03:32:43

    Myrepublic…. emm penasaran, udah masuk ke MEdan belon ya?

    Reply

  2. totoryan
    Aug 10, 2015 @ 04:10:56

    wah, nampak oke ya Ka Tyas… harganya jg oke tuh kalau dia unlimited kuota. tapi dia masih jaringan kabel ya, spt first media? belakangan Bolt suka bolot nih jd rada pengen pindah… tapi aku butuh yg pake wifi modem gt hahaha

    Reply

  3. Roosvansia Sipahutar
    Aug 11, 2015 @ 12:53:53

    Hai mba Tyas…
    Ahhhh gampang sekali inget nama blognya,, hihihi.. aku akan sering main nampaknya, coz banyakkk cerita tentang banyak tempat.. asikkk hahahhaha..

    Semoga layanan ini bisa cepet – cepet sampe ke seluruh Indonesia yaaaa.. Ahhhh senengnya kalo buka Youtube ngga pake lama hahahhaa.. Sampai jumpa lagi mba Tyas, have a good day.

    BEAUTY BLOG | IM THE ONLY DAUGHTER

    Reply

  4. i-you
    Aug 14, 2015 @ 01:34:31

    Semoga aja cepet menyebar yah ini inet, pengen ngerasain ngebutnya make tanpa berebutan sama yang lain ^^

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: