Salam Tahun Baru dari Kaisar Jepang 2015

This post is about Japan

Selamat Tahun Baru 2015!

Bagaimana Anda merayakan malam pergantian tahun?  Saya pergi menonton sebuah konser hitungan-mundur alias countdown live.  Tapi sekarang saya bukan hendak bercerita soal itu, melainkan tentang acara yang berlangsung pada tanggal 2 Januari di Istana Kekaisaran: Kaisar beserta keluarga kekaisaran memunculkan diri untuk menyapa rakyat dan memberikan ucapan selamat tahun baru. Saya dan seorang teman pun dengan semangat bergelora (gara-gara penasaran) pagi-pagi sudah berangkat ke Istana, bergabung dengan beribu-ribu orang lainnya yang juga ingin melihat Kaisar. Bila menggunakan kereta JR, kita bisa turun di Stasiun Tokyo. Beberapa stasiun kereta bawah tanah pun ada di dekat Istana, misalnya stasiun Nijubashi-mae di jalur Chiyoda.

kaisar01

Kita hanya bisa masuk melalui gerbang utama di Nijubashi, dengan waktu terbatas yaitu antara pukul 9.30 pagi sampai 14.10 siang. Keluarga kekaisaran sendiri hanya akan muncul 5 kali, dimulai dari paling pagi pukul 10.10 dan paling akhir pukul 14.20. Kami tiba di depan Istana sekitar pukul 9 pagi, dan sudah banyak orang datang berbondong-bondong.

Meskipun ada beribu-ribu orang yang datang, semuanya tampak sabar dan tidak grasa-grusu, berbaris di tempat-tempat yang disediakan dan mengikuti instruksi petugas dengan patuh. Sebelum memasuki tempat mengantri, kami semua menjalani pemeriksaan terlebih dahulu. Isi tas diperiksa dengan saksama. Kami juga diminta meneguk minuman dalam botol yang kami bawa, untuk membuktikan bahwa yang kami bawa memang betul-betul minuman. Cara membuktikan yang mudah, efektif, dan tidak mengharuskan kami membuang minuman kami.

kaisar02

Kami lalu diarahkan berbaris dalam petak-petak yang dibatasi tali-temali dan diberi nomor kelompok. Selagi menunggu, dari kejauhan kami dapat melihat rombongan keluarga kekaisaran yang berjalan melintasi jembatan memasuki istana. Ketika waktu telah menunjukkan pukul 9.30, satu per satu kelompok dipersilakan masuk. Kami pun berjalan berdempet-dempetan saking banyaknya orang (meski semuanya tetap tertib). Terlihat kakek-nenek, teman-teman, pasangan, bergandengan tangan karena takut terpisah akibat terbawa arus orang yang sedemikian banyak. Usia hadirin beraneka-ragam, mulai dari bayi yang masih digendong atau duduk di kereta dorong sampai lanjut-usia.

kaisar03

Kami diarahkan menuju lapangan terbuka di depan salah satu bangunan istana. Kini, balkon bangunan tersebut, tempat Kaisar dan keluarga akan menampakkan diri, dilapisi kaca tahan-peluru. Semua orang sibuk berusaha mengambil posisi terbaik, namun karena terhitung masuk agak belakangan, saya dan teman mendapat tempat nyaris di paling belakang. Dari tempat kami berdiri, balkon sih masih terlihat, hanya saja ada begitu banyak orang yang jauh lebih tinggi daripada kami yang menghalangi penglihatan kami. Kami pun berusaha mengandalkan kemampuan zoom kamera.

kaisar04

Ketika terlihat tanda-tanda Kaisar akan muncul, sejumlah orang, termasuk seorang kakek berbadan tegap dengan rambut panjang yang ditata dengan gaya tradisional dan mengenakan kimono yang berdiri di samping kami, berteriak kencang, “Tennou Heika banzai!” (Hidup Kaisar! – Tennou Heika adalah sebutan khusus bangsa Jepang bagi kaisar mereka.) Teriakan mereka langsung diikuti oleh banyak orang lain. Beberapa orang secara spontan mulai menyanyikan lagu kebangsaan. Ini peristiwa yang sangat menyentuh saya, melihat begitu banyak orang yang masih sangat mencintai kaisar (dan tentunya bangsa) mereka. Banyak yang melambai-lambaikan bendera Jepang.

kaisar05

Dan… yaaak! Muncullah keluarga kekaisaran, satu per satu, dengan sang Kaisar sebagai yang paling akhir. Sorak-sorai makin menjadi-jadi. Hadirin bersemangat membalas lambaian tangan Kaisar dan keluarganya. Terdengar puji-pujian dilayangkan kepada para putri yang cantik-cantik. Oya, untuk kemunculan pertama dan kedua, yang muncul hanya anggota keluarga kerajaan yang telah dewasa. Pangeran dan putri yang masih kecil-kecil baru akan menampakkan diri sejak periode ketiga.

kaisar07

Hadirin dengan tanggap menjadi senyap ketika tiba waktu Kaisar berpidato. Tetap dengan senyum ramah tersungging di wajah beliau yang sudah ramai dihiasi keriput, Kaisar Akihito pun membacakan pidato yang sangat singkat, tidak bertele-tele, namun sangat ramah, mengharapkan tahun baru yang baik bagi semua. Sejurus setelah beliau usai berpidato, hadirin pun kembali gegap-gempita menunjukkan rasa cinta mereka kepada sang kaisar. Kaisar dan keluarga kembali melambai-lambai dan menebar senyum, sebelum kembali menarik diri ke ruang di balik pintu geser ganda di belakang mereka.

kaisar06

Teman yang masih penasaran karena belum berhasil melihat Kaisar dengan jelas mengajak saya untuk ikut periode kedua. Kami pun bergerak cepat-cepat ke depan, mengisi tempat kosong yang ditinggalkan orang-orang yang merasa telah cukup melihat Kaisar. Sip, kami akhirnya dapat tempat lumayan di depan. Dan ya, di periode kedua, kami pun sukses melihat (dan memotret) Kaisar dan keluarga dengan jelas. Puaslah hati kami ketika akhirnya melangkah meninggalkan Istana.

Ada sih satu momen lain saat Istana dibuka untuk umum dan Kaisar juga memberikan sambutan, yaitu pada ulang tahun beliau (untuk Kaisar saat ini, tanggal 23 Desember). Di luar masa-masa itu, Istana Kekaisaran tidak terbuka untuk umum. Sekiranya Anda ada di Jepang pada sekitar Natal dan Tahun Baru, boleh lho menjajal kemungkinan melihat sang Kaisar pada dua tanggal tersebut!

Akhir kata, sekali lagi, akemashite omedetou gozaimasu!

2 Comments (+add yours?)

  1. totoryan
    Jan 02, 2015 @ 12:50:02

    Oooo, ka tyas, aku baru tau kalau soal bawa cairan ke dalam kerumunan publik itu kaitannya dengan kekhawatiran soal isi cairannya… kirain sekedar takut nyampah/ dipake nimpuk orang ahahahha

    Akeome ka tyas (lagi)! Makan osechi (dan sejenisnya) gitu ngga ka? ahhhh seruuu *pasang tampang mupeng di sini*

    Reply

  2. nyonyasepatu
    Jan 05, 2015 @ 04:14:30

    astaga, foto terakhir itu beruntung banget bisa dapet ya

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: