Mengurus Visa Jepang

This post is about Japan

Sulit tidak ya, memperoleh visa Jepang?  Ternyata, tidak juga.  Harganya juga tidak terlalu mahal, bila dibandingkan dengan visa Amerika atau Eropa.  Untuk satu kali kunjungan yang akan berlaku selama tiga bulan sejak visa diberikan, harga yang dibebankan kepada calon pengunjung Jepang adalah 300 ribu.  Harga ini diturunkan per April 2011, dari sebelumnya 320 ribu rupiah.

Waktu pengurusan visa minimal 4 hari kerja, tanpa wawancara.  Cukup unduh formulir dan jadwal perjalanan yang harus diisi dari situs ini, isi dan lengkapi dokumen-dokumen penunjang.  Jangan lupa, pasfoto terbaru dengan latar belakang polos terang/putih berukuran 4,5 x 4,5 cm.  Susun dokumen dengan rapi menurut urutan yang diwajibkan seperti yang tercantum dalam situs kedutaan Jepang, dan bawalah ke konjen terdekat (di Jakarta, di Kedutaan Besar Jepang yang terletak di samping pusat perbelanjaan Plaza Indonesia/eX di Jalan Thamrin).

Yang perlu diperhatikan adalah harus jelas benar di mana kita tinggal nantinya di Jepang.  Apabila kita menginap di rumah orang lain/pengundang, maka lengkapi pula dokumen-dokumen yang menjelaskan hubungan kita dengan mereka, surat undangan, dan surat domisili.  Kalaupun berwisata atas biaya sendiri/bukan diundang orang, siapkan bukti pemesanan hotel/penginapan, meski ini tidak diminta di situs.  Dokumen lain yang juga tidak diminta secara tertulis namun sebaiknya disiapkan saja adalah surat keterangan kerja bila Anda memang telah bekerja.

Seperti apa pengalaman Tim Lompat-lompat di Jepang?  Nantikan tulisannya di bulan Juli, ya!

[UPDATE: 7 SEPTEMBER 2012]

Mulai 1 September 2012, Kedutaan Besar Jepang untuk Indonesia akan mengeluarkan visa kunjungan berkali-kali untuk yang memintanya dengan jangka waktu 3 tahun.  Dengan visa kunjungan ini, pemegangnya akan dapat melakukan kunjungan singkat (paling lama 15 hari) ke Jepang berkali-kali selama 3 tahun tanpa bolak-balik mengajukan visa.

Visa bisa diberikan kepada:

  • WNI yang berdomisili di Indonesia dan memiliki E-paspor atau paspor MRP (machine-readable passport)
  • Melakukan kunjungan yang bersifat kunjungan sementara (temporary visit, paling lama 15 hari setiap kali masuk Jepang)
  • Mengajukan permohonan VISA Kunjungan Sementara Berkali-kali (jadi sewaktu di loket jangan lupa bilang menginginkan visa jenis ini yah)

Yang boleh mengajukan Visa Kunjungan Berkali-kali:

  1. Pernah melakukan kunjungan singkat ke jepang dalam 3 (tiga) tahun terakhir*, dan memiliki kemampuan ekonomi yang cukup.
    *dapat dibuktikan dari riwayat perjalanan di paspor
  2. Karyawan yang memiliki kemampuan ekonomi yang cukup
  3. Suami/istri/anak dari yang orang yang dimaksud dalam kriteria (B)

Info selengkapnya bisa dibaca di siniSaya juga berencana akan mengajukan visa ini segera.  Wish me luck!

60 Comments (+add yours?)

  1. hilsya
    Jul 01, 2011 @ 12:31:31

    ya ampun mbak.. kalo ke jepang biasanya aku suka diurusin dari kantor (karena dinas).. jadi selama ini terima beres aja..

    ditunggu cerita serunya ya?

    Reply

  2. Utie
    Aug 08, 2011 @ 14:10:34

    Mbak.. maksudnya disiapkan surat keterangan kerja.. dilampirkan saja bareng dengan dokumen wajib, atau disimpen dan dikasih jika ditanyakan?

    Sebelumnya thanks lho, mba. Sukses jalan-jalannya

    Reply

    • lompatlompat
      Aug 08, 2011 @ 14:48:35

      Sebaiknya dibarengkan saja Mbak, daripada bolak-balik. Soalnya pengalaman teman ada yang begitu, bolak-balik untuk menyerahkan berkas-berkas yang katanya kurang meskipun tidak dicantumkan sebagai berkas wajib di situs.

      Sama-sama Mbak, alhamdulillah perjalanan kami ke Jepang lancar😀

      Reply

  3. Utie
    Aug 17, 2011 @ 13:03:27

    Hehe.. senang ya mbak traveling kesana…

    Sebenarnya saya nekat beli tiket KL-Tokyo (karna tergiur dengan promonya), padahal saya baru buat paspor desember kemarin dan belum ada cap dari imigrasi negara manapun, jadi paspor masih polos!. Even saya karyawan joint-venture dengan perusahaan Jepang, tetap saja deg-degan karna harus cari sponsor orang jepang buat pihak pengundang😦 hasil dari browsing dan sebagian orang bilang urus visa jepang sangatlah susah jikt tidak punya travel record dan pihak pengundang di Jepang

    Reply

  4. princhesta04
    Aug 22, 2011 @ 03:38:38

    Belum dicoba nih, mungkin Januari 2012 karna brangkat Maret 2012.. wish me luck aja mba😀

    Reply

  5. Dekri
    Sep 21, 2011 @ 02:13:38

    Mbak mau nanya nih, langsung aja ke intinya ya😀
    Jadi gini, kakak saya & suaminya saat ini sedang di jepang (kakak saya dapat beasiswa S2). Anak-anaknya, masing-masing berumur 6 & 5 tahun, yang saat ini sedang di Padang (alamatnya di Kartu Keluarga adalah Jakarta, tempat saya tinggal saat ini), rencananya akan diantarkan ke Jepang oleh kakak saya yang di Padang.

    Nah, yang mau saya tanyakan:
    1. Bisakah saya di Jakarta mewakilkan kakak saya yang di Jepang untuk mengurus visa buat ponakan saya tersebut?Kalau bisa, apakah perlu surat kuasa atau syarat tambahan lain selain yang dicantumkan di web Kedubes Jepang?

    2. Bisakah saya sekalian mewakilkan kakak saya yang di Padang buat ngurus visa nya?Atau harus yang bersangkutan ngurus visa sendiri di Medan?(kalau liat di web Kedubes Jepang, untuk sebagian besar domisili Sumatera harus ngurus visa di Medan)

    Hmm, saat ini itu dulu, nanti kalo ada yang mau saya tanyakan lagi masih boleh kan🙂

    Maaf kalo pertanyaannya bertubi-tubi, terima kasih sebelumnya ya mbak🙂

    Reply

    • lompatlompat
      Sep 26, 2011 @ 16:03:58

      Halo Mas Dekri (moga-moga saya tidak salah panggil ya),
      maaf baru sempat membalas karena saya baru pulang dari perjalanan ke luar kota.

      Kalau menurut ini, pemohon berusia 16 tahun boleh diwakilkan oleh keluarga. Saya rasa jelas harus membawa surat kuasa dan surat-surat bukti hubungan kekeluargaan. Namun mohon maaf, untuk lebih tepatnya dokumen apa saja, dan apakah orang yang tinggal di luar wilayah yurisdiksi konsulat jenderal boleh mengajukan visa di konsulat lain/kedubes, saya kurang memahami. Mungkin sebaiknya hubungi Kedubes/Konjen langsung ya Mas agar tidak salah. Maaf saya tidak bisa membantu banyak karena belum berpengalaman menguruskan visa orang🙂

      Sukses ya Mas.

      Reply

  6. kirara
    Nov 13, 2011 @ 13:37:43

    Mbak mau tanya..bagi muslimah untuk pembuatan visanya boleh memakai jilbab ndak ya?..🙂
    makasih banyak sebelumnya..

    Reply

    • lompatlompat
      Nov 14, 2011 @ 07:57:33

      Hmm… setahu saya tidak ada larangannya… dan teman-teman saya yang memakai jilbab selama ini ke Jepang tidak kesulitan. Semoga lancar ya Mbak mengurus visanya🙂

      Reply

  7. kirara
    Nov 15, 2011 @ 07:54:36

    iya mbak..makasih banyak atas infonya…🙂

    Reply

  8. Alice
    Nov 20, 2011 @ 05:03:48

    mbak, tgl 14 Juni 2011 saya akan ke Jepang dan baru pertama kali ke LN. skrg lagi deg-2n nih dlm mengurus visa. utk rekening koran minum berapa yah supaya berhasil dpt visa?
    terima kasih atas informasiya

    Reply

    • Alice
      Nov 20, 2011 @ 05:04:51

      maaf…maksud saya 14 Juni 2012 mbak…

      Reply

    • lompatlompat
      Nov 20, 2011 @ 06:44:37

      Halo Mbak Alice.. Wah asyik mau ke Jepang! Minimum rekening setahu saya nggak ada Mbak. Asal mencukupi buat biaya hidup di sana. Jadi misalnya kita mau ke sana 2 minggu, ya isi tabungan jangan hanya 200 ribu rupiah hehehe.. Sukses ya, kalau masih bingung monggo bertanya lagi. Akan kami bantu sebisanya.

      Reply

  9. Alice
    Nov 20, 2011 @ 10:43:08

    Saya baru pertama kali ke luar negeri, apakah memungkinkan utk mendapat visa Jepang? terima kasih.

    Reply

  10. sari
    Dec 15, 2011 @ 08:06:36

    mw tanya donk mb,
    klo ke jepang dg visa pelajar/pekerja tapi blum da record tempat kerja dan kuliah’y gmn mb???
    jadi rencana’y mw kerja sambil kuliah disana mb..,,,

    Reply

    • lompatlompat
      Dec 19, 2011 @ 00:50:29

      Wah itu harus dicek langsung ke kedutaan mbak. Tapi setahu saya harus jelas dulu yah semuanya kalau mau belajar atau bekerja di sana untuk dapat visanya. Maaf saya tidak bisa banyak membantu…

      Reply

  11. utiee
    Jan 27, 2012 @ 09:01:08

    Hai mbaa.. saya datang kembali😄

    Saya baru saja dari embassy dan rejeki.. visa saya approve! Hore!!

    Ijin share ya! Menurut pengalaman saya sih dokumen yg paling menentukan dalam visa (saya sebutkan yg penting saja ya):

    1. Lampiran rekening koran 3 bulan terakhir! (WAJIB). Saya kerja di joint-venture perusahaan jepang dan dg pedenya saya submit dokumen tanpa rekening koran (karna disitusnya katanya tidak perlu lampiran rekening koran kalo kerja di perusahaan jepang). Alhasil saya harus bolak balik demi rekening koran ini. Oya, saya punya “rekening payrol” di bank permata, tapi diusahakan ubah jadi rekening biasa ya (kalo di permata namanya “permata bebas”, karena embassy tidak mau terima rekening koran payrol) Dan jangan lupa ada deposit juga minimal 3 bulan nimbun di rekening. Formula deposit = jumlah tiket pesawat + akomodasi selama disana + biaya hidup.

    2. Buat jadwal perjalanan (itinerary) yg super lengkap. Saya sampai melampirkan jadwal bangun pagi jam brp sampai tidur lagi jam brp😀 saya juga tulis rute perjalanan dari mana ke mananya (niat banget yakk).

    3. Buat perincian budget (yg lengkap juga), biar mereka bisa menganalisa pengeluaran kita disana.

    4. Surat rekomendasi perusahaan (ini juga wajibb). Di surat kantor saya menyatakan bahwa perusahaan sudah mengizinkan saya cuti berapa hari, menjamin saya tidak cari pekerjaan disana dan menjamin saya tidak tinggal secara permanen >> seengganya pihak embassy tahu kalau perusahaan sudah menjamin saya tetap aman untuk pulang lagi ke tanah air.

    FYI, paspor saya baru ada cap singapore dan malaysia sajaa!

    Sekian! Mudah2an berguna info dari saya ini😉

    Reply

    • lompatlompat
      Jan 27, 2012 @ 09:15:12

      Woooow kereeeen!! Kami turut senang mbak! Have fun ya di Jepang! Terima kasih juga untuk bagi-bagi pengalamannya. Semoga membantu teman-teman lain yang mau ke Jepang ya..

      Reply

    • linda
      Sep 07, 2012 @ 06:12:49

      baru tau ada rekening payrol diubah jadi rekening biasa,
      boleh diinfo dong. rencananya akhir tahun mau ke jepang segerombol.
      Bismillah, moga-moga nyampe, biar dinginnya ga ketulungan

      Reply

      • lompatlompat
        Sep 07, 2012 @ 07:29:48

        Hm? Wah saya kurang ngerti sih mbak soal rekening-rekening itu. Coba ditanyakan langsung ke banknya, ya? Wah, asyiiik… Jalan-jalan ke Jepang di musim dingin. Rame-rame lagi. Saya Insya Allah juga akan kembali ke sana Desember ini. Mbak kapan tepatnya?

      • utiee
        Sep 14, 2012 @ 08:36:28

        Iya, aku minta sendiri ke salah satu bank.. bedanya hanya minimum saldo. Payrol minimum saldo bisa 25ribu sedangkan Biasa saldo minimum 100ribu

        That’s all😀

  12. utiee
    Jan 27, 2012 @ 10:37:47

    Hehehe, yg penting bener2 ada niat 100% pengen ke Jepang dan yakin visa diapprove, pasti dikasih jalan kok!

    Thanks mba atas support dan informasinya yaa😄

    Reply

    • lompatlompat
      Jan 29, 2012 @ 08:04:20

      Sama-sama Mbak… Kami senang sekali kalau tulisan kami bermanfaat bagi teman-teman yang juga suka lompat-lompat. Nanti cerita-cerita lagi ya Mbak pengalamannya di Jepang🙂

      Reply

  13. dading
    Feb 02, 2012 @ 11:55:39

    Mbak..kami rencana pgn backpackeran ke jepang. kami ga punya temen atau saudara disana, pokoknya pgn jalan2 sendiri ngikuti buku n peta. waktu di kedutaan jepang saya disuruh ikut tour n travel aja krn ga pernah ke jepang, pdhl kami adventure sendiri, minta saran dong mbak biar sukses ngurus visanya.makasih

    Reply

    • lompatlompat
      Feb 02, 2012 @ 12:08:34

      Halo mas Dading.. Kami juga waktu itu jalan2 sendiri kok. Modal kami, selain melengkapi dokumen2 penying yang diminta, kami menyusun itinerary dengan rapi dari hari ke hari, termasuk hari itu akan berkunjung ke mana, menginap di mana dll. Masalah itinerary itu nanti kita ikuti betul2 atau tidak, urusan nanti. Pastikan juga surat/bukti pemesanan tempat menginap beres semua. Insya Allah nggak ada alasan kedutaan menolak aplikasi visa kita. Semoga membantu ya Mas… Semangat!!

      Reply

  14. Yongki
    Mar 29, 2012 @ 03:53:42

    Mbak mau nanya nih.. saya kerja sendiri sebagai interior designer, tapi saya tidak punya SIUP , padahal dari info yg sy dpt, harus ada SIUP unt yang bekerja sendiri. Bagaimana solusinya mbak ? apakah visa sy bakal ditolak ? Thank’s

    Reply

    • lompatlompat
      Mar 29, 2012 @ 03:58:13

      Teman saya bekerja sebagai freelancer, lolos-lolos saja dapat visa.. Saya sendiri kurang mengerti seluk-beluk profesi Mas, tapi apabila Mas berhasil membuktikan bahwa profesi Mas sah dan bisa menunjang kebutuhan finansial perjalanan, Insya Allah bisa Mas.

      Reply

  15. riki
    May 22, 2012 @ 14:46:30

    oh ya mbak smua dokumennya bahasa indonesia saja kn mbak.. seperti srt keterangan kerja, daftar perjalanan ?

    Reply

  16. Fahmi
    Jun 13, 2012 @ 03:11:15

    pengen coba ke jepang akhir tahun ini, itu rekening harus ke isi berapa ya? katanya harus sampe 30 Juta gt -_-

    Reply

    • lompatlompat
      Jun 13, 2012 @ 03:24:36

      Hai Mas. Sebenarnya yang suka minta syarat punya uang minimal sekian2 itu biro perjalanan. Bukan kedubes sendiri. Untuk memohon visa, yang penting kita punya uang cukup untuk membiayai diri selama di negara ybs. Jadi kalau mau di Jepang 2 minggu, ya uang di tabungan jangan hanya 2 juta rupiah. Tunjukkan kita punya uang cukup untuk transportasi, akomodasi dan bertahan hidup di negara tujuan. Semoga membantu🙂

      Reply

  17. Dhi Taemin BLc
    Jun 29, 2012 @ 02:15:17

    wah mbak saya masih ga paham T^T smoga cpt dibalas nih…
    saya alhmdulillah dpt beasiswa kuliah di jepang setahun di shimane, bs ga ya ngurus visa by pos aj? soalnya saya sdg KKN mbak, n visa harus ad sebelum tanggal 27 juli 2012 dan saya berencana ke Jepang insyaallah sekitar akhir septemeber, saya selesai KKN sekitar tanggal 16juli da saya kebetulan sedang ad di rumah (ijin KKN 5hari sampai hari senin besok) untuk mengurus surat2 penting lainnya. apakah sempat mbak menurus visanya sebelum 27 juli? mohon pencerahannya mbak. terima kasih

    Reply

    • lompatlompat
      Jun 29, 2012 @ 03:39:37

      Wah mbak maaf sekali. Kami hanyalah blogger yang bercerita tentang pengalaman kami memperoleh visa. Untuk jawaban pasti bagaimana mengurus visa, bolehkah begini bolehkah begitu dll harus ditanyakan langsung kepada kedutaan atau konjen terdekat dengan Mbak. Silakan cek link yang kami beri di atas. Terima kasih.

      Reply

  18. Deddy Permanasakti
    Aug 25, 2012 @ 08:22:22

    Untuk Formulir Permohonan Visa Turis ke Jepang di Download aja langsung (File PDF) http://www.id.emb-japan.go.jp/application1.pdf
    dan bisa langsung di isi ketik pake komputer. Praktiiiis…!!!
    Juga untuk Jadwal / Daftar Perjalanan di jepang juga sdh ada Form-nya di Link ini
    http://www.id.emb-japan.go.jp/vish_itnr.doc
    Mangga diunduh neng2 dan akang2 semuaaa…. Jgn lupa utk nyobain Kereta Shinkansen (Bullet Train disana yaaach). Beda2 tipis ama KRL Jabotabek… Haaahaahaaa… Kiding….!!! Jauh banget bedanyaaa… Kaya bumi ama langit.
    Wasallam.

    Reply

  19. icha
    Oct 01, 2012 @ 16:48:50

    permisi permisi …
    Mba/Mas … kira2 repot ga yah ngurus paspor sm visa baru? rencana mau nyusul suami yg lg tugas belajar di sana. Brp lama bisa stay di sana yah? makasihh🙂

    Reply

    • lompatlompat
      Oct 02, 2012 @ 04:04:39

      Nggak repot asal kita siap sedia segala sesuatu yang harus disediakan. Berapa lama bisa stay? Ya tergantung Mbak perencanaannya bagaimana. Mau tinggal sepanjang suami tinggal di sana atau seperti apa. Jenis visanya kan beda-beda.

      Reply

  20. agust
    Oct 05, 2012 @ 02:14:23

    pagi mbak,,
    maaf mau tanya, skrang sya kan berada di jepang,
    saya di sini punya cwek jepang, lalu sya ingin menikah dengan dia..
    yang perlu di siapkan itu dokument nya apa saja ya mbak.??
    terima kasih

    Reply

  21. ahmad
    Oct 06, 2012 @ 07:01:12

    mba, mau tanya kebetulan saya dapet undangan untuk simposium di jepang. Sekarang baru mau urus visanya, kalau saya menginap diapartemen seorang teman yang kebetulan sedang kuliah S2 disana, apakah harus menyertakan dokumen pendukung yang menerangkan hubungan saya dengan teman saya tersebut. mohon informasinya

    Reply

    • lompatlompat
      Oct 15, 2012 @ 09:23:21

      setahu saya begitu ya Mas, tapi saya tidak tahu pastinya dokumen macam apa bila rekan yang bersangkutan bukan keluarga.

      Reply

      • fitriah
        Nov 30, 2012 @ 12:13:55

        Alhamdulillah tgl 23 nov 2012 aku k jpn menjenguk suami yg studi disana. Alhamdulillah ngurus visa gampang.asal berkas udah lengkap langsung disetujui. dan alhamdulillah dlm 2 hari selesai. misal kita buat hr senin, selesai hr rabu. mudah cpt ko

      • lompatlompat
        Dec 07, 2012 @ 02:58:43

        Yap bettuuuulll!! Senangnya semuanya lancar ya Mbak🙂

  22. wina
    Dec 06, 2012 @ 15:46:09

    Mba, saya mau tanya. Saya sedang kuliah di Kobe. Rencananya, tanggal 21 ini suami saya mau datang berkunjung dari Jakarta. Tiket pesawat pp sudah ada, berangkat tanggal 20 Des, pulang tanggal 7 Jan, jadi sekitar 18 hari di Jepang. Paspor suami saya masih baru. Saya sengaja tidak menjadikan diri saya sebagai pengundang supaya tidak perlu melampirkan dokumen pribadi apapun dari Jepang (saya pikir akan bikin repot kalau harus kirim via pos ke Indonesia). Jadi suami saya berangkat sebagai turis saja dengan garansi buku tabungan dia sendiri dan rekomendasi kantor.
    Pertanyaannya, untuk turis biasanya masa berlaku visa berapa lama ya? 18 hari bisa? Kira2 jika diurus agen yang menjanjikan proses 7 hari kerja, apakah visa suami saya bakal bisa keluar sebelum tanggal 20 Des?
    Terimakasih banyak…

    Reply

    • lompatlompat
      Dec 07, 2012 @ 02:57:53

      Saya kebetulan juga baru saja mendapatkan visa untuk ke Jepang. Karena perjalanan saya 12 hari, saya diberi visa yang berlaku untuk masa 3 bulan dengan batas maksimum tinggal 15 hari. Karena tidak pernah tinggal di Jepang lebih lama dari 15 hari, saya tidak tahu kalau yang hendak tinggal 18 hari akan diberi batas waktu tinggal berapa. Apakah harus lewat agen, Mbak? Saya kemarin mengurus sendiri hanya 4 hari kerja, selesai, asal semua dokumennya lengkap. Saya juga berangkat dengan menanggung diri sendiri.

      Reply

  23. andi
    Jan 04, 2014 @ 05:01:11

    Untuk permohonan certificate of eligibility visa engineer persyaratan dokumennya apa saja ya mbak

    Reply

    • lompatlompat
      Jan 24, 2014 @ 07:42:22

      Certificate of elligibility? Itu dibuatnya sewaktu sudah di Jepang sini dong ya Mas? Untuk keluarga (istri/anak)? Yang jelas diperlukan paspor mereka dan dokumen2 yang menunjukkan hubungan keluarga mereka dengan Mas

      Reply

  24. Dorami-chan
    Aug 30, 2014 @ 09:48:50

    Mbak… saya mau tanya dong tentang pengurusan Visa kunjungan teman sementara.
    Saya baru pertama kali nih ke LN, ke jepang pulang bulan November ini. tapi saya takut ngajuin visanya, semua biaya di tanggung teman saya (pengundang)… kira-kira gimana ya, mbak… mohon pencerahannya…🙂
    kalau boleh minta alamat e-mail mbak dong🙂
    makasih ya, mbak atas jawabannya… sebenarnya banyak sekali yang mau ditanyain…. nih waktunya juga bentar lagi … mohon balas ya, mbak…
    Terima kasih🙂

    Reply

  25. Dei
    Nov 05, 2014 @ 14:42:47

    Mba kalau transit 20 jam di narita dan menginap di nikko htl aport tdk keluar area aport apa perlu urus visa turis? Tks

    Reply

  26. Maria
    Jan 11, 2015 @ 00:05:41

    mba mau tanya kalau tau visa kunjungan keluarga di jepang maksimal berlaku selama berapa hari atau bulan ya?
    kebetulan suami saya ada tgs ker?ja mi jepang sampai akhir tahun ini. thanks

    Reply

  27. vernanda
    Jan 16, 2016 @ 01:52:16

    Saya ingin tanya, saya sebelumnya sudah kuliah dijepang selama 4 tahun. Dan juli 2015 kemaren saya balik ke indonesia ( karna masa visa pelajar saya sudah habis juga ).
    Saya ada bnyk tman pribumi disana diwilayah nagano. Yg ingin saya tanyakan, apabila teman saya yg org jepang itu mengundang saya utk liburan ke jepang, biasanya apakah bisa kita mendapatkan visa utk stay dijepang selama 3 bulan lgsg? Atau prosedurnya bagaimana ya mas?

    Terima kasih.

    Reply

    • lompatlompat
      Jan 18, 2016 @ 00:12:49

      Wah, di foto saya ndak kelihatan saya perempuan ya? Hehehe.

      Maaf, terus terang saya tidak punya pengalaman mengurus visa langsung 3 bulan hanya untuk liburan. Saya hanya pernah pegang visa pelajar dan visa liburan singkat beberapa kali. Tapi setahu saya pihak yang mengundang harus menulis surat undangan dan melengkapi data-datanya. Tapi apakah bisa sampai 3 bulan kalau hanya untuk berlibur, saya tidak tahu.

      Silakan ditanyakan langsung ke kedutaan atau cek di website kedutaan langsung, ya?

      Terima kasih.

      Reply

Leave a Reply

