F1 GP Singapore 2009

This post is about Singapore
Tahun ini, 24-26 September 2010, akan berlangsung F1 GrandPrix Singapore lagi. Bila berminat, mungkin sudah dari jauh-jauh hari ini Anda harus merencanakan perjalanan, dan barangkali memesan tiket, untuk seri GP yang memikat dan unik karena berlangsung malam hari ini.  Tahun lalu, saya dan teman-teman memesan tiket F1 melalui salah satu biro di Jakarta yang memang biasa membantu memesankan tiket untuk para peminat F1.

Tiket F1 GP Singapore 2009

Kami langsung memesan tiket terusan untuk tiga hari, yang tiba dalam wujud kartu dari plastik keras (cocok sekali untuk dikoleksi) sekaligus tali gantungan leher.  Sebenarnya, dari pengalaman kami, pada hari-H pun masih banyak tiket yang dijual (baik untuk harian maupun untuk 2-3 hari sekaligus), sehingga mungkin ada kemungkinan bila Anda datang tanpa memesan tiket terlebih dahulu, Anda masih tetap bisa dapat tiket.  Tapi, yah, kami ambil aman saja saat itu.  Sebetulnya ada pula yang menyediakan paket sekaligus pesawat dan hotel, namun kami memilih untuk mencari sendiri tiket pesawat dan tempat menginap untuk menghemat biaya.

(Hotel pilihan kami adalah Value Hotel di Balestier Road: baru, bersih, dan cukup murah, meskipun agak jauh dari tempat-tempat atraksi utama Singapura.  Nilai plusnya adalah: daerah tempat kami menginap itu tenang, karena bukan daerah lampu merah atau perbelanjaan.)

Pemandangan dari Bay Granstand

Pemandangan dari Bay Grandstand

Kami memilih duduk di Bay Grandstand, yang tiketnya tergolong murah – meski sambil tetap menatap iri orang-orang yang duduk di bagian-bagian yang lebih mahal tiketnya, hehehe.  Meskipun murah, bukan artinya pelayanan yang diberikan sembarangan saja.  Semua teratur rapi.

Di tiket, misalnya, ditunjukkan tempat kami duduk yang diberi nomor dan kode warna.  Jadi, tidak bisa sembarangan duduk (seperti yang kami alami saat menonton A1 GP di Sentul).  Kami pun tetap mendapat akses untuk berbagai pertunjukan hiburan yang diadakan gratis bagi para pemegang tiket menonton F1.  Daftar musisi atau seniman yang turut memeriahkan GP ini juga bisa jadi salah satu alasan kita bergegas membeli tiket GP.

Travis di The Padang, 26 September 2009

Travis di The Padang, 26 September 2009

Salah satu penampil tahun lalu adalah Travis, band asal Skotlandia yang saya sukai sejak 1990-an.  Begitu balapan usai, kami tergopoh-gopoh menempuh jalan yang cukup jauh menuju The Padang, tempat Travis berpentas malam itu.  Pertunjukan band kesayangan di tempat terbuka di bawah langit malam sungguh ini menambah kegembiraan hati saya sebagai penonton GP.

Pemerintah Singapura pun all-out dalam mendukung acara yang jelas mendatangkan mereka banyak devisa ini.  Rute bis diatur ulang dengan rapi, bahkan ada bis yang tersedia gratis untuk penonton, yang amat berguna bila kita hendak pulang ke hotel namun hari sudah terlalu malam sehingga sulit memperoleh angkutan umum.  (Maklum, namanya juga GP malam hari.  Kami betul-betul jadi kalong selama penyelenggaraan GP ini.)  MRT beroperasi lebih lama dari biasa.  Pokoknya, penonton GP tidak perlu pusing-pusing memikirkan hal lain selain bersenang-senang.

Jejak siapa ini hayo?

Jejak siapa ini hayo?

Nah, bila Anda datang ke Singapura pada saat GP F1 berlangsung namun tidak hendak menonton acara olahraga ini, mungkin sebaiknya diingat: banyak akses jalan yang ditutup selama penyelenggaraan GP, termasuk yang menuju tempat-tempat kenamaan di Singapura seperti Merlion di depan Fullerton Hotel.  Kebetulan trek balapan ini menggunakan jalanan yang sehari-harinya dipakai untuk kepentingan umum, bukan trek khusus.  Jadi, sebaiknya rancang perjalanan Anda dengan berhati-hati, agar tidak ‘kecele’ nantinya.  Dan meski bukan penonton yang memegang karcis, Anda juga bisa menikmati berbagai sajian seperti pameran foto F1 di Orchard Road, pameran mobil F1, atau sekadar belanja oleh-oleh F1 mulai dari gantungan kunci sampai kaos.

1 Comment (+add yours?)

  1. Trackback: Adam Lambert di F1 GP Singapura 2011 « Lompat-lompat Sana-sini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: