Pasar Modern BSD

This post is about Indonesia

Pasar Modern BSD

Sisi Pasar Modern BSD dilihat dari lahan parkir.

Meskipun sekarang banyak hipermarket dan supermarket (atau haruskah saya sebut ‘pasar hiper’ dan ‘pasar super’?), tidak bisa disangkal, berbelanja di pasar tradisional memiliki nilai asyik tersendiri.  Mungkin itu kebebasan memilih-milih penjual, menawar barang, atau atmosfer yang memang tidak bisa diperoleh di hipermarket/supermarket.  Namun keluhan yang sering kita dengar adalah pasar tradisional kotor, sempit, becek, sehingga tidak menggugah selera orang (terutama dari kalangan menengah dan atas) untuk berbelanja di sana.  Barangkali menunggu pemerintah memperbaiki semua pasar tradisional yang ada juga bakalan lama sekali.

Oleh karena itu, sungguh cemerlang gagasan pengelola Bumi Serpong Damai untuk mendirikan Pasar Modern BSD.  Sebutannya memang ‘modern’, meski pada dasarnya ini adalah pasar tradisional.  Akan tetapi label itu mungkin diperlukan untuk membedakan pasar ini dari pasar yang kotor dan becek semacam itu.  Dengan pengelolaan yang cukup ketat – konon ada hukuman cukup keras bila ada pedagang yang melanggar aturan kebersihan – maka pasar ini pun menjadi tempat berbelanja yang nyaman dan digemari banyak orang.  Buktinya antara lain adalah betapa sulitnya mencari tempat parkir di pasar ini di akhir minggu.  Banyak orang terpaksa parkir di luar area pasar, meskipun Pasmod memiliki lahan parkir yang cukup luas.

Bagian dalam Pasar Modern BSD

Bagian dalam Pasar Modern BSD

Bila Anda menyenangi jajanan dari waralaba internasional, Anda tak akan menemukan satu pun di pasar ini.  Jadi pasar ini pun konsisten mendukung pedagang dan rumah makan Indonesia.  Bagian keliling luar pasar adalah ruko-ruko.  Di sini banyak terdapat restoran yang menawarkan berbagai sajian, baik halal maupun tidak, termasuk yang ‘ajaib’ seperti daging ular.  Juga ada bank dan ATM, tempat penukaran valuta asing, toko roti, toko pakaian, toko kelontong, minimarket, dan lain-lain.  Di bagian luar ini antara lain ada serabi Notosuman, pisang goreng srikaya, puding Sweet Mom dengan berbagai bentuk dan rasa, dan banyak lagi.

Di sebelah dalam bangunan pasar, terdapat pasar ‘basah’ yang berkoridor lebar dan berlangit-langit tinggi.  Pasar basah ini terbagi-bagi seturut jenis dagangan yang dijual – misalnya sayur, daging halal, daging babi.  Salah satu yang paling menarik adalah cabang restoran Oen Pao yang bergaya warung.  Suasananya santai dan enak, bahkan rasanya kok lebih menyenangkan daripada cabang Oen Pao yang lebih mewah di daerah lain Jakarta.

Oen Pao Pasar Modern BSD

Oen Pao cabang Pasar Modern BSD

Pasar pagi/siang buka sampai pukul 3 sore.  Setelahnya, pasar basah tutup meskipun ruko-ruko tetap buka, dan sebagian lahan parkir pun disulap menjadi tempat jajanan malam yang buka mulai sore hari.  Jadi, dari pagi sampai malam pun, selalu ada yang bisa Anda temukan di Pasar Modern BSD.  Pasar ini juga terletak tidak jauh dari pintu tol BSD, sehingga bila Anda ingin menyambangi tempat ini dari Jakarta, tidak sulit menjangkaunya.

Pasar Modern BSD bisa menjadi contoh bagaimana pasar tradisional yang dikelola baik bisa menjadi nyaman dan menarik, serta bahkan mungkin menjadi salah satu tujuan pariwisata yang banyak diincar turis.

2 Comments (+add yours?)

  1. hilsya
    Jan 02, 2011 @ 02:44:03

    wisata belanja asik di minggu pagi…
    tinggal di BSD ya, sis?

    Reply

    • lompatlompat
      Jan 02, 2011 @ 13:39:43

      Kalau saya (Tante Guru) memang di BSD, tapi BSD-nya Bintaro Sonoan Dikit, bukan Bumi Serpong Damai, hehehehe. Saya masih di Tangerang Selatan. Kaka Kelinci Air tinggal di Jakarta Barat, sementara kaka Monyet Ajaib di Jakarta Selatan🙂

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: