Stone Garden: oasis di Ho Chi Minh City

This post is about Vietnam

Cuaca di Ho Chi Minh City (Sai Gon), seperti di Vietnam Selatan pada umumnya,  seringkali terasa panas dan sumpek.  Namun kota ini menyimpan sebuah ‘oasis’ yang sungguh sangat nyaman – Stone Garden, sebuah restoran bertema taman, barangkali salah satu best-kept secret HCMC.  Letaknya memang agak jauh dari kawasan turis (Distrik 1) sehingga mungkin belum banyak yang mendengar tentang restoran ini.

Stone Garden, HCMC

Restoran ini terletak dalam kawasan Damsen Water Park, Distrik 11, HCMC, menempati areal yang cukup luas.  Sejumlah bangunan kayu berdiri dikelilingi pepohonan dan tanaman yang memberikan suasana rindang dan sejuk.

Dan sesuai namanya, Stone Garden, di restoran ini terdapat sejumlah batu berukuran besar, baik yang terbentuk secara alami maupun sudah diubah menjadi patung, juga berbagai struktur lain yang terbuat dari batu.  Ada kali-kali buatan, jembatan, air terjun, dan kolam.

Barangkali karena jarang dikunjungi turis asing, menu di restoran ini hanya tersedia dalam bahasa Vietnam.  Jadi, sediakanlah kamus ringkas bersama Anda bila pergi ke sini, apalagi kalau Anda ada pantangan makan (misalnya berpantang makan babi).  Meskipun tempatnya kelihatan mewah dan eksklusif, jangan khawatir!  Harganya sungguh murah!  Dengan 2.000 dong (1.000 rupiah), Anda bisa memperoleh es teh hijau yang tanpa henti dituangkan ke gelas Anda.

Poin lebih lain: kamar mandinya sangat bersih, dan tidak kering (alias ada jet spray).  Sungguh pantas untuk dicoba!

 

4 Comments (+add yours?)

  1. Misfah
    May 28, 2010 @ 05:04:04

    wuiiih, Ho Chi Minh berkembang pesaaat ya

    Reply

    • lompatlompat
      Jun 08, 2010 @ 01:08:16

      Iya, meskipun belum ada angkutan umum yang memadai untuk berkeliling kota. Tapi layanan taksinya bagus (asal hati-hati memilihnya) dan murah. Dan banyak objek yang bisa dilihat di HCMC.

      Reply

      • dseptia
        Jul 21, 2010 @ 03:26:20

        wah jadi di hcmc tidak ada angkutan umum yah?
        kira-kira untuk taksi sendiri biayanya berapa?
        dalam waktu dekat ini ada rencana ke hcmc, jadi mohon informasinya🙂
        terima kasih.

      • lompatlompat
        Jul 21, 2010 @ 03:50:17

        Halo!
        Di HCMC tidak ada angkutan umum dalam bentuk ‘angkot’. Kereta dalam kota (MRT) juga tidak ada. Bis umum ada, tetapi kami tidak mencobanya, karena waktu itu kurang praktis dan kami tidak memperoleh info lengkap tentang rute bis. Tapi kalau taksi, jangan khawatir. Taksi di HCMC murah, apalagi kalau pergi bersama-sama teman. Misalnya, dari bandara ke tempat kami menginap di Luan Vu, taksi hanya 100.000 Dong, alias 50.000 rupiah. Karena kami berlima, artinya 1 orang menyumbang 10 ribu rupiah saja.

        Semoga senang yah di HCMC🙂 Kalau ada pertanyaan, silakan dilayangkan lagi kepada kami. Kami sedang berusaha menggolkan buku kami tentang Vietnam agar diterbitkan🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: